Rabu, 14 Februari 2018

SMA Pembangunan Labor UNP Terima Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional 2017


Sekolah Menengah Atas Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional 2017. Penghargaan adiwiyata mandiri diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr Ir, Siti Nurbaya, M.Sc dan Mendikbud, Prof Muhadjir Effendy, MAP, Kamis (21/12) di Gedung Manggala Wanabakti, Jl Gatot Subroto.
Penghargaan adiwiyata kepada 113 sekolah di Indonesia, lima diantaranya dari Sumatera Barat. Kelima sekolah asal Sumbar itu adalah SMA Negeri 1 Padang, SMP 09 Padang, SD 10 Ganting, SD 09 Siteba dan SMA Pembangunan Labor UNP.
Hal ini disampaikan oleh Direktur Sekolah Laboratorium UNP, Dr Nurhasansyah didampingi Kepala Drs Yofrizal, M.Pd, Kamis (21/12) kemarin.   
Seperti diketahui, program adiwiyata yang dilaksanakan sejak tahun 2006 ini, bertujuan untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dengan program Adiwiyata, akan tercipta warga sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Sebelumnya program ini diujicobakan pada 10 model sekolah adiwiyata khusus di pulau Jawa, kemudian tahun berikutnya mulai diberlakukan secara nasional di seluruh Indonesia.
Rincian 113 sekolah adiwiyata nasional terdiri atas 53 Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI), 29 Sekolah Menengah Pertama (SMP), 2 sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs), 19 Sekolah Menengah Atas (SMA), 3 sekolah Madrasah Aliyah (MA) dan 7 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berasal dari 24 provinsi dan 75 kabupaten/kota.
Seleksi Adiwiyata dilakukan berjenjang dan meliputi empat komponen penilaian, yaitu kebijakan sekolah/madrasah, kurikulum, kegiatan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana dan prasarana.
Menurut Yofrizal, revitalisasi program adiwiyata terus dilakukan disekolah yang dipimpinya seuai dengan revisi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.
Yofrizal juga berharap, dengan penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional tersebut, diharapkan dapat lebih meningkatkan kualitas dan kontribusi sekolah terhadap peningkatan kualitas lingkungan serta mendukung pembangunan nasional secara berkelanjutan.
“Dalam rangkaian Hari Lingkungan Hidup penyerahan penghargaan adiwiyata diadakan juga kunjungan museum yang diikuti 55 orang Kepsek dan Kepala Dinas LH,” jelas Yofrizal.

Tags :

bm

PRAMUKA SMALAB

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • PRAMUKA SMALAB
  • Februari 24, 1989
  • 1220 Manado Trans Sulawesi
  • contact@example.com
  • +123 456 789 111

Posting Komentar