Pramuka SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Ikuti Lomba Membuat Mini Poster Atau Meme Pramuka


Padang - Meningkatkan dan menampung bakat serta kreatifitas kaum muda Gerakan Pramuka, terutama dalam penggunaan media sosial, Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat gelar lomba mini poster atau yang biasa disebut meme. Lomba ini diharapkan mampu memancing minat peserta didik menjadi seorang  kreator atau design grafis. Selain itu, ini akan menjadi ajang pemaksimalan penggunaan fungsi telepon pintar atau gawai yang mereka miliki.

“Kenapa demikian, pembuatan mini poster ini lebih diarahkan menggunakan aplikasi yang sudah tersedia pada gawai. Seperti PicsArt, FotoGrid, foto beauty dan lain lain. Sehingga keinginan mereka untuk berkreasi dapat dengan mudah dilakukan dalam waktu yang singkat,” ujar Kak M. Yusuf, Andalan Humas dan Teknologi Informatika Kwarda 03 Sumbar. Usai berkreasi, mini poster yang dibuat bisa langsung di unggah/posting  pada akun media sosial yang dimiliki, tambah Kak Yusuf yang lebih akrab dipanggi Kak Ucup ini.

“Menggunakan cara konvensional, barangkali memakan waktu yang lumayan lama, seperti membuat video singkat, mengolah foto atau membuat promo promo pribadi atau gugus depan seperti mini poster dan meme. Tentunya  jika memakai komputer, notebook dan laptop akan menyita waktu,” ulasnya. Dengan demikian, pemanfaatan teknologi melalui gawai atau telepon pintar alias smartphone dapat dimaksimalkan.

Sementara, Ketua Tim Siber Pramuka Kwarda 03 Sumbar, Kak Roni M Nur menyebutkan, daripada membagikan berita berita yang tidak diketahui sumbernya dan kebenarannya, atau yang biasa diebut hoax, maka lebih baik berkreasi sendiri dan membagikannya di laman akun pribadi seperti instagram, facebook, line, path, twitter dan lain lain,” tutur Kak Roni bersemangat. Postingan dapat berupa informasi kegiatan di gugus depan, foto foto kegiatan, atau swafoto yang disebut selfie. Penerbitan karya ini bisa juga sebagai tempat penyimpanan dokumen kegiatan dengan cara yang lebih menarik.

“Jika biasanya menyimpan dokumen foto atau video menggunakan PC atau komputer, laptop, notebook atau harddisk eksternal, akan rentan dengan kehilangan atau rusak bahkan dimakan virus. Tapi jika kita menyimpannya di akun media sosial, selain file akan tetap utuh, orang lain pun bisa melihat aktifitas kita dengan positif,” himbau Kak Rony

Bagaimana Cara Mengikuti Lomba Tersebut..?

Lomba mini poster atau meme yang digelar Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat ini akan digelar setiap bulan selama satu tahun. Dengan batas akhir pengiriman, pada tanggal 10 setiap bulannya. Sementara pengumuman pemenang dilakukan setiap tanggal 14. Untuk periode perdana ini, para peserta dapat mengirimkan karya mini poster atau memenya dari sekarang, hingga tanggal 10 Maret, dan diumumkan pada tanggal 14 Maret 2018 nanti.

Persayaratannya, peserta boleh secara pribadi, kelompok atau  mewakili gugus depan maupun pangkalan satuan karya di seluruh Sumatera Barat. Setiap peserta boleh mengirimkan mini poster sebanyak banyaknya, dengan tema yang telah ditentukan. Untuk pertama ini, tema yang diusung adalah “Taqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa”.

Sementara, hal hal wajib yang harus ada dalam mini poster tersebut adalah Logo Kwarda 03 Sumbar, Logo WOSM dan Logo Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita. Sedangkan ukuran mini poster wajib 1:1. Selain itu, foto foto yang ada dalam mini poster harus milik sendiri dan bukan foto foto milik orang lain.

Peserta yang mengikuti lomba ini, wajib mem follow akun instagram resmi Kwarda Sumbar @Pramuka.Sumbar. Selanjutnya, mini poster, di posting ke akun Instagram masing masing, kemudian mention ke @pramuka.sumbar dan @gerakanpramuka serta ke lima orang teman.
Jangan lupa tagar :
#pramukasumbar
#semangatperubahan
#miniposterkwardasumbar
#SetiapPramukaAdalahKantorBerita

Selain memposting ke Instagram, peserta juga diwajibkan mengirimkan  mini posternya ke e-mail pramukasumbar1722@gmail.com. Semua karya peserta menjadi milik kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar untuk dipublikasikan. Selanjutnya, satu orang pemenang setiap bulannya, akan mendapatkan satu unit handphone android. Ayooo, jangan sampai ketinggalan.
Label:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget